Gatotkaca JKT48 Kopi Gayo Juara Liga Bola Basket Game HP yang Cocok untuk Anak-Anak 10 Game Ramah Anak Tahun 2024 Harpitnas Muntaber Hardiknas Paspampres Pakcoy Harkitnas Tangkuban Perahu Sibolangit Simarjarunjung Sigura-gura Simanindo Padarincang Cilawu Cilengkrang Kolektor Pelukis Pancoran Kualitas Jasmani Cipanas Eksklusif Inovatif Xenia Wamena Parapat Penatapan Balige Ciomas Pelatihan SPMI-AMI KJM UGM 30 Nov - 04 Des 2021

Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern

Penulis : Budi MM

Pelatihan SPMI-AMI KJM UGM 30 Nov - 04 Des 2021

Dalam rangka refresh pengetahuan dan ilmu tentang SPMI, BPM Ubhara Surabaya secara aktif untuk mengikuti kegiatan yang diadakan. Salah satunya adalah kegiatan SPMI-AMI yang diadakan oleh Kantor Jaminan Mutu(KJM) Universitas Gajah Mada Jogjakarta(UGM). Badan Penjaminan Mutu Universitas Bhayangkara Surabaya mengikuti Kegiatan ini yang telah lama berkoordinasi dengan TIM KJM untuk waktu pengadaan Pelatihan SPMI-AMI dari beberapa bulan sebelum kegiatan tersebut. Kegiatan Pelatihan ini diikuti untuk mendapatkan Refresh informasi yang update saat ini tentang SPMI dan AMI dan juga mendapatkan ilmu serta pengalaman guna pelaksanaan Audit Mutu Internal pada Universitas Bhayangkara Surabaya.

Kegiatan ini diikuti oleh Dr. Anggraeni Rahmasari, SE., M.M., Dra. Endang Siswati, MM., DBA. dan Budi Mukhamad Mulyo, S.Kom., M.T. yang merupakan perwakilan dari BPM Ubhara Surabaya. Narasumber dalam kegiatan Pelatihan SPMI-AMI ini terdiri 8 Narasumber internal UGM, antara lain :

  1. Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr.
  2. Dr. rer. nat. Andhika Puspito Nugroho, M.Si.
  3. Dr. Sajarwa, M.Hum.
  4. Dr. Ir. Retno Indrati, M.Sc.
  5. Dr. Ir. J.P. Gentur Sutapa, M.Sc.forest.
  6. Septimawanto Dwi Prasetyo, M.Si., Apt.
  7. Dr. Leni Sophia Heliani, M.Sc.
  8. dr. Widya Wasityastuti, M.Sc., M.Med.Ed., Ph.D.
Kegiatan Materi Pelatihan ini diselenggarakan dengan waktu 5 hari, 3 hari untuk kegiatan SPMI dan 2 hari untuk AMI, agendanya  antara lain:
  1. Kebijakan Nasional SPM Dikti dan SPMI
  2. SPMI DIKTI
  3. SPMI UGM
  4. Dokumen Akademik
  5. Belajar Kelompok
  6. Dokumen Mutu
  7. Materi Audit Mutu Akademik Internal
  8. Perencanaan Audit
  9. Pelaksanaan Audit
  10. Pelaksanaan Audit
  11. Kerja Kelompok Praktek AMI
  12. Ujian

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 30 sampai dengan 4 Desember 2021, yang dimulai dari Jam 07.30-16.00 dengan menggunakan tools Zoom. Materi, absensi dan tugas menggunakan presentasi secara langsung pada kelompok kecil pada tools zoom. Ketika Proses Pelatihan dipecah menjadi kelompok kecil yang benar-benar melatih proses AMI yang seharusnya seperti apa sambil diarahkan oleh pemandu di masing-masing kelompok kecil. Setelah selesai akan diberikan saran pada kolompok kecil dan di ketika kembali ke forum besar akan di evaluasi secara keseluruhan oleh Pemandu. Di akhir Pelatihan AMI ini dilakukan Ujian AMI dengan waktu yang terbatas, dan penilaian untuk bisa mendapatkan Sertifikat adalah absensi, keaktifan serta nilai Ujian yang di atas nilai yang diwajibkan oleh Panitia.

Hasil dari Pelatihan ini adalah Pengalaman dalam melakukan AMI secara langsung, Materi Pelatihan SPMI dan AMI, serta KIT Pelatihan yang dikirim secara langsung. Hasil Ujian AMI dan instrumen lainnya menyatakan bahwa kami dapat lulus langsung, karena beberapa peserta dari Universitas lainya banyak yang tidak lulus. Hampir 60% yang tidak lulus tetapi masih ada kesempatan terakhir untuk remidi, jika masih tidak lulus maka tidak akan mendapatkan sertifikat Auditor AMI. Sertifikat Peserta SPMI diberikan apabila jumlah kehadiran sesuai dengan indikator yang diberikan oleh Panitia KJM UGM.

Kepala BPM, Dr. Anggraeni Rahmasari, SE., M.M.